Selamat Malam pengunjung setia Urbie. Kali ini saya akan mengupdate sebuah Info tentang Asal Usul Robot . Robot adalah alat canggih yang akan membantu pekerjaan manusia agar terlihat lbh gampang .
Awal munculnya robot dapat diketahui dari bangsa Yunani kuno
yang membuat patung yang dapat dipindah – pindahkan. Sekitar 270 BC, Ctesibus,
seorang insinyur Yunani membuat organ dan jam air dengan komponen yang dapat
dipindahkan. Zaman Nabi Muhammad SAW pun, telah membuat mesin perang yang
menggunakan roda dan dapat melontarkan bom.
Pada tahun 1770, Pierre Jacquet Droz, seorang pembuat jam
berkebangsaan swiss membuat 3 boneka mekanis. Uniknya, boneka tersebut dapat
melakukan fungsi spesifik, yaitu dapat menulis, yang lainnya dapat memainkan
musik dan orgen, dan yang ketiga dapat menggambar.
Pada tahun 1898, Nikola Tesla membuat sebuah boat yang dikontrol
melalui radio remote control, dan didemokan di Madison Square Garden. Namun
usaha untuk membuat autonomus boat tersebut gagal karena masalah dana.
Pada tahun 1967, Jepang yang pada saat itu merupakan negara
yang baru bangkit, mengimpor robot dari Versatran dari AMF. Awal kejayaan robot
pada tahun 1970, ketika Profesor Victor Scheinman dari Universitas Stanford
mendesain lengan standar. Saat ini, konfigurasi kinematikanya dikenal sebagai
standar lengan robot. Terakhir, pada tahun 2000 Honda memamerkan robot yang
dibangun bertahun – tahun lamanya bernama Asimo, serta disusul oleh Sony yaitu
robot anjing Aibo.
DI JEPANG
Karakuri ningyo, merupakan istilah Jepang yang berarti
boneka mekanik atau automata, ditemukan pada abad ke-18 dan 19 Masehi. karakuri
berarti "peralatan mekanik untuk permainan, hiburan, atau memberikan
kejutan", sehingga dapat dikatakan bahwa dalam karakuri terkandung hal-hal
magis atau elemen misteri, sedangkan ningyo berarti "orang dan
bentuk" (tertulis dalam dua huruf kanji). dengan demikian dapat dikatakan
sebagai boneka atau patung.
Karakuri dapat dibagi menjadi
tiga tipe utama yakni:
1. Butai karakuri (stage karakuri), digunakan untuk
keperluan dunia teater
2. Zashiki karakuri (tatami room karakuri), merupakan tipe
karalkuri berukuran kecil dan digunakan sebagai elemen dekorasi ruangan
3. Dashi karakuri (festival car karakuri), digunakan dalam
acara atau festival keagamaan, dengan menampilkannya mitos-mitos tradisional
atau legenda-legenda Bangsa Jepang.
Ketiga jenis karakuri tersebut dinilai telah memberikan
pengaruh besar bagi perkembangan dunia teater Jepang seperti Noh, Kabuki,
Bunraku.
berawal dari diciptakannya boneka mekamik karakuri Yumi-hiki
doji (pemanah muda) karya Tanaka Hisashige (1799-1881), yang dibuat pertama
kali pada akhir zaman Edo (awal tahun 1800-an), dengan menggunakan bantuan
benang dan mekanisme mirip kerja timer atau pewaktu, dibantu dengan pegas
sehingga dapat menembakan empat anak panah pada sasaran dengan sangat ekspresif
layaknya pemanah manusia dalam kyudo (olahraga panahan). beberapa gerakan
mekanik karakuri pada masa itu berasal dari mekanisme sederhana, seperti pegas,
tali, roda gigi, hingga pemangfaatan beban merkuri (air raksa), air, maupun
pasir.
Dewasa ini, karakuri pun
berkembang menjadi:
1. Matsuri karakuri, digunakan
untuk keperluan festival
2. Kogyo karakuri, digunakan
untuk keperluan hiburan seperti pertunjukan boneka
3. Zashiki karakuri, digunakan
untuk keperluan dekorasi (elemen dekoratif) dalam ruangan.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perkembangan
robotika Jepang saat ini bagaikan pepatah "Manifestasi impian atau harapan
dari suatu bangsa yang ada saat ini merupakan cerminan impian atau harapan dari
para pendahulunya".
Terimakasih Sudah
berkunjung ke blog Saya , Jika ada kesalahan
pada kalimat /
link yang error
tolong anda berikan Komentar di bawah ,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar