Selamat Malam pengunjung setia Urbie.
Kali ini saya akan mengupdate sebuah Info tentang Asal Usul SebuahMobil. Kendaraan ber-roda 4 yg sampai
saat ini bisa kita lihat dengan kasat mata.
Mobil (kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa
Yunani 'autos' (sendiri) dan Latin 'movére' (bergerak)) adalah kendaraan beroda
empat atau lebih yang membawa mesin sendiri.
Jenis mobil termasuk
bus, van, truk. Pengoperasian mobil disebut menyetir.
Kendaraan tenaga uap pertama
dibuat pada akhir abad 18.
Nicolas-Joseph Cugnot dengan
sukses mendemonstrasikan kendaraan tersebut pada tahun 1769.
Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap, mungkin
peningkatan mesin uap yang paling dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris
oleh Lunar Society.
Dan juga di Birmingham mobil tenaga bensin pertama kali
dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga
mematenkan rem cakram.
Pada tahun 1890-an, etanol digunakan sebagai sumber tenaga
di A.S.
Kepopuleran
Penemuan Cugnot penggunaannya dilihat secara rendah di
tempat asalnya Prancis, dan penemuan tersebut diteruskan ke Britania, di mana
Richard Trevithick menjalankan gerobak-uap di tahun 1801.
Kendaraan tersebut dianggap aneh pada awalnya, namun
penemuan dalam dekade setelahnya, seperti rem tangan, transmisi
multi-kecepatan, dan peningkatan kecepatan dan setir, membuatnya sukses.
Sekarang ini, Amerika memiliki mobil lebih banyak dari
negara lainnya.
Jepang memimpin dalam pembuatan mobil, tetapi penduduk
Jepang tidak mampu membiayai menjalankan mobil karena tempat parkir yang jarang
dan harga bahan bakar yang mahal
Inovasi
Paten mobil pertama di Amerika Serikat diberikan kepada
Oliver Evans pada 1789;
pada 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang
bukan hanya mobil pertama di AS tapi juga merupakan kendaraan amfibi pertama,
yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda dan di air
menggunakan roda padel.
Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang
menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang
bekerja secara terpisah.
Carl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler
dan Wilhelm Maybach di Stuttgart.
Pada 5 November 1895, George B. Selden diberikan paten AS
untuk mesin mobil dua tak.
Paten ini memberi dampak negatif pada perkembangan industri
mobil di AS.
Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz pada 1888.
Mesin-uap, listrik, dan bensin bersaing untuk beberapa
dekade, dengan mesin bensin pembakaran dalam meraih dominasi pada 1910-an.
Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau
dilakukan oleh Oldsmobil pada 1902, dan kemudian dikembangkan besar-besaran
oleh Henry Ford pada 1910-an.
Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an perkembangan
teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah besar (ratusan) pembuat
mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih perhatian dunia.
Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan
self-starter elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan
mobil Cadillac di tahun 1910-1911), suspensi independen, dan rem empat ban.
Pada tahun 1930-an, kebanyakan teknologi dalam permobilan
sudah diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di kemudian hari dan
diberikan kredit ke orang lain.
Misalnya, pengemudian roda-depan diciptakan kembali oleh
Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini
sudah muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan
Cord, dan di dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal
1897).
Setelah 1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis
berpasan dengan industri saling bergabung dan matang.
Sejak 1960, jumlah produsen hampir tetap, dan inovasi
berkurang.
Dalam banyak hal, teknologi baru hanya perbaikan dari
teknologi sebelumnya.
Dengam pengecualian dalam penemuan manajemen mesin, yang
masuk pasaran pada 1960-an, ketika barang-barang elektronik menjadi cukup murah
untuk produksi massal dan cukup kuat untuk menangani lingkungan yang kasar pada
mobil.
Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat
buangan mobil berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi dan
tenaga.
Terimakasih Sudah
berkunjung ke blog Saya , Jika ada kesalahan
pada kalimat /
link yang error
tolong anda berikan Komentar di bawah ,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar